Latest News

10 Cara Sederhana Menjaga Mata dan Tubuh Anda dari Radiasi Laptop / Komputer


Penggunaan komputer dalam pekerjaan sehari-hari merupakan hal yang lumrah ketika ini. Hampir setiap orang di sebuah kantor menggunakan komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan. Namun, monitor sebagai salah satu piranti dari komputer memiliki ancaman radiasi bagi mata, jikalau digunakan dalam waktu yang lama.Bahaya radiasi monitor komputer bagi mata dapat menjadikan gangguan hingga pada kerusakan pada mata.

Penggunaan komputer hingga dengan 12 jam sehari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter anti radiasi akan menjadikan mata merah. Monitor komputer sendiri menghasilkan radiasi sinar x, ultravolet, gelombang mikro dan radiasi eletromagnetik berfrekuensi rendah. Semakin terperinci monitor anda, maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkannya.Dampak berikutnya dari radiasi monitor komputer yaitu mata yang bergetar dan berkedip, lalu dapat berlanjut memicu rabun jauh atau mata minus, katarak, keguguran dan epilepsi. Sementara dampaknya akan dirasakan mulai 15 hingga 20 tahun kemudian.



Berikut 10 cara Sederhana Melindungi Mata dari Radiasi Komputer/Laptop:

1. Turunkan kecerahan layar

Ketika Anda harus terus melihat layar komputer sepanjang hari karena sudah menjadi episode dari pekerjaan Anda, setidaknya Anda mampu melindungi mata Anda dengan menurunkan kecerahan layar. Silau dari sinar dari layar komputer akan membuat mata Anda berair.

2. Gunakan kacamata ketimbang lensa kontak

Jika Anda memakai lensa kontak ketika bekerja pada komputer, waspadalah karena hal itu justru akan membahayakan mata Anda. Lensa kontak membuat mata Anda kering dan tidak berfungsi sebagai penghalang fisik antara layar dan mata Anda. Jadi, lebih baik gunakan kacamata.

3. Kenakan kacamata anti-glare

Jika Anda terpaksa memakai kacamata minus atau plus, sebaiknya tambahkan pula lapisan anti-glare (silau) pada lensa kecamata Anda. Kini sudah banyak toko optik yang memiliki lensa menyerupai ini.

4. Berkediplah sebanyak mungkin

Kita biasanya terlalu asyik membaca atau mengerjakan sesuatu di komputer atau gadget sehingga seringkali lupa untuk berkedip. Alhasil, mata kita akan cepat lelah dan kering. Kalau sudah kering, maka timbullah iritasi. Oleh alasannya yaitu itu, usahakan untuk berkedip sesering mungkin sehingga mata Anda tetap lembab.

5. Menjaga jarak pandang dari layar

Anda harus selalu menjaga jarak yang sempurna dari layar komputer ketika bekerja. Itu sebabnya, sebaiknya gunakan desktop ketimbang tablet dan laptop ketika Anda harus mengerjakan peran dalam waktu yang cukup lama.

6. Meningkatkan ukuran font

Ketika Anda mencoba untuk membaca atau menulis sesuatu dengan cepat, selalu gunakan ukuran abjad (font) komputer yang besar. Hal ini sangat memiliki kegunaan untuk meringankan beban mata ketika membaca goresan pena di komputer.

7. Jangan terlalu sering melototi layar

Hindari untuk menyipitkan mata ketika Anda mencoba untuk membaca sesuatu yang tampak kecil di layar. Tablet atau ponsel memiliki pilihan fitur untuk membesarkan gambar/objek di layar, sehingga manfaatkanlah fitur tersebut dengan baik. Menyipitkan atau menfokuskan mata pada layar gadget akan merusak mata Anda.

8. Gunakan Optical Screen Guard 

Beberapa orang menambahkan pelindung layar mata (Optical Screen Guard) di layar komputer untuk melindungi mata mereka. Ini mungkin salah satu cara terbaik untuk mengurangi ketegangan pada mata Anda.

9. Gerak-gerakkan mata Anda

Telalu lama terfokus pada layar komputer mampu membuat mata Anda malas. Lakukan gerakan memutar-mutar mata sesekali sehingga membuat otot mata Anda rileks.

10. Gunakan kacamata normal

Sekalipun mata Anda normal tanpa mengalami kelainan tertentu, menggunakan kacamata mungkin mampu menjadi pilihan yang sempurna untuk melindungi mata Anda dari paparan sinar komputer / gadget.


Selalu jaga kesehatan mata Anda karena kesehatan merupakan harta yang tak ternilai dengan apapun.