Latest News

Startup Milik Alphabet sanggup Suntikan Dana dari Perusahaan Singapura

Verily, startup sains kehidupan di bawah perusahaan induk Google, Alphabet Inc., gres saja mendapat investasi sebesar USD800 (Rp10,7 triliun) dari perusahaan investasi asal Singapura untuk membantunya melaksanakan perluasan ke Asia, mungkin termasuk Tiongkok.


Kemarin, Temasek Holdings berkata bahwa mereka akan membeli sedikit saham di Verily dan akan menominasikan seorang administrator untuk menjadi dewan di Verily. Investasi ini akan dimulai dalam waktu beberapa hari ke depan dan akan diselesaikan pada semester 2 tahun ini, kata Temasek.
Wall Street Journal menyebutkan, investasi ini sepertinya menjadi investasi pertama dari "Other Bet", unit eksperimental Alphaet yang tidak menjadi adegan dari Google. Ia akan mendukung tujuan Alphabet untuk mengoperasikan setiap unit sebagai perusahaan mandiri.

Sebelum restrukturisasi, bisnis iklan Google terus menerus menyokong dana untuk unit lain -- ketergantungan ini sangat terlihat dikala Google melaksanakan restrukturisasi menjadi Alphabet pada 2015, sebuah konglomerat dengan 12 unit yang berbeda.

Namun, juru bicara Verily menyebutkan, adegan penting dari investasi ini bukanlah pada dana yang dikucurkan tapi pada pengetahuan perihal Asia.

"Kami melihat hal ini sebagai kesempatan untuk mendapat rekan strategis dan anggota dewan dan bukannya menuntaskan dilema modal," ujar sang juru bicara. "Temasek mempunyai pengertian yang dalam perihal negara yang sedang berkembang di Asia, termasuk Tiongkok."

Alphabet mempunyai sejarah yang kurang baik di Tongkok. Pada sekitar 2004, Google menggencarkan usahanya untuk masuk ke Tiongkok, berharap mereka akan sanggup mempopulerkan mesin pencarinya di negara degan ekonomi terbesar kedua dunia. Namun, selama bertahun-tahun, Google menghadapi dilema terkait perbedaan budaya dan penyensoran oleh pemerintah.

Pada 2010, Google tetapkan untuk berhenti beroperasi di Tiongkok. Para pendiri Google murka sebab terjadinya serangan siber pada pengguna Gmail dan penyensoran yang dilakukan oleh pemerintah pada hasil pencarian Google.

Verily bereksperimen dengan banyak sekali produk sains kehidupan. Biasanya, mereka melaksanakan ini dengan bekerja sama dengan perusahaan kesehatan.

Dua produk Verily antara lain lensa kontak yang sanggup mendeteksi glukosa dan platform digital untuk membantu para pasien diabetes dan dokternya untuk mengendalikan penyaki tersebut. Mereka tidak menjual produk mereka di Tiongkok.



Sumber: metronewstv