Latest News

Penyebab Blogger Malas 'Ngeblog' Lagi

Penyebab blogger malas ngeblog. Penyakit blogger yang paling ‘berbahaya’ yakni malas ngeblog. Semua acara blogging bisa terhenti seketika. Artikel mulai jarang diupdate. Trafik blog mulai goyang. Itu hanya sebagian kecil dari efek yang ditimbulkan oleh penyakit malas ngeblog.

Semangat ngeblog umumnya muncul ketika pertama kali mengenal dunia blogging. Terlebih jikalau mendengar ada blogger yang bisa meraup banyak dollar dari acara blogging. Ini yakni bentuk suntikan motivasi bagi blogger muda yang ingin membuat blog tapi hanya sekedar untuk watu loncatan mengais dollar.

Saat malas ngeblog muncul di pertengahan jalan, apa yang terjadi? Blog menjadi tidak terurus alasannya yakni di tinggal oleh pemiliknya. Banyak blogger yang tumbang di tengah jalan. Merubah haluan atau membuat blog gres dengan niche yang berbeda. Bahkan yang lebih parah, ada yang hingga menghapus blog. Itulah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.

Penyebab Blogger Malas Ngeblog


Apa bergotong-royong yang menjadi alasan utama seorang blogger malas untuk ngeblog? Banyak faktor yang melatarbelakangi nya. Namun inilah 5 penyebab utama seorang blogger mulai bolos dari acara blogging mereka.

Penyebab Blogger Malas 'Ngeblog' Lagi

1. Ditolak adsense


Kata orang, ditolak Adsense lebih menyakitkan dibandingkan ditolak pacar. Sakitnya tuh di sini..(tau tuh di mana?). Blog yang sudah dibangun dengan susah payah hingga keringat penghabisan, ketika itu juga bisa runtuh ketika mendapat email penolakan dari Google Adsense.

Mereka merasa sudah tidak ada artinya lagi ngeblog. Usaha membangun blog dengan segala macam teknik yang telah ditumpahkan, seakan sia-sia dan tidak ada harganya di mata Google. Realita ini yang bisa menurunkan semangat seorang blogger hingga mereka menjadi malas untuk ngeblog lagi.

Namun jikalau disikapi dengan bijaksana, hal itu tak perlu terjadi. Adsense bukanlah tujuan selesai untuk acara blogging kita. Di tolak adsense, tidak perlu frustasi apalagi hingga mengundurkan diri dari dunia blogging. Masih banyak jalan menuju Roma, bukan begitu?

2. Trafik blog stagnant


Pengunjung blog yang sedikit atau bisa dibilang blog sepi pengunjung, bisa menjadi alasan utama yang menimbulkan blogger malas ngeblog lagi. Masalah yang satu ini penyebabnya sangat kompleks.

Mendongkrak trafik blog memang butuh kerja keras. Bisa dengan promosi, update artikel dan acara blogging lainnya. Dan semua itu butuh waktu.

Saat trafik blog belum juga ada perubahan, pelan tapi pasti tanda-tanda penyakit malas ngeblog pun mulai terlihat.

Yang biasanya sehari update 3 artikel, bisa menjelma 1 artikel. Hingga update artikel tak lagi di lakukan, alasannya yakni melihat statistik pengunjung blog yang selalu sepi.

3. Artikel sulit nembus pageone


Siapa yang tidak kepingin artikelnya muncul di pageone? Sudah pasti, ini yakni target utama blogger ketika membuat sebuah artikel, terutama blogger pemula.

Artikel yang telah dibuat, namun tidak bisa bersaing di Google bisa membawa efek kecewa pada blogger. Jika gres satu atau dua artikel yang gagal muncul di 'pejwan', mungkin tidak begitu bermasalah. Namun jikalau hampir keseluruhan artikel memiliki kasus yang sama, ini yang bisa membawa masalah.

Dampaknya bisa kita tebak, blogger akan merasa enggan untuk update artikel berikutnya. Tapi tidak semua blogger mengalami kasus ibarat ini.

4. Kehabisan ide


Penyebab yang satu ini paling besar dampaknya buat kelangsungan hidup sebuah blog. Sebuah pandangan gres merupakan pangkal awal sebuah artikel dibuat. So, apa akhirnya jikalau kehabisan ide?

Jangan khawatir, nggak ada yang namanya kehabisan ide. Hanya orang nggak kreatif yang cepat merasa kehabisan ide. Pikiran buntu, atau susah membuatkan blog yakni ciri-ciri blogger yang mulai merasa kehabisan ide. Produksi artikel menjadi tersendat.

Jika situasi ibarat ini dibiarkan tanpa ada solusi, bisa dipastikan semangat untuk ngeblog akan luntur dengan sendirinya. Itulah yang menjadi penyebab mereka mulai malas ngeblog.

5. Pendapatan ‘money blogging’ tak sesuai harapan


Bukan diam-diam umum lagi kalau banyak blogger yang ngeblog hanya untuk monetisasi. Saat penghasilan ‘money blogging’ masih di bawah UMB (upah minimum blogger), bisa membuat blogger 'ngedrop'. Semangat 'ngedrop' akan membuat malas 'ngeblog'.

Inilah akhir blog yang bawah umur namun sudah memasang iklan. Menurut saya nggak jadi problem selama blog kau memiliki trafik yang luar biasa meski blog masih seumur jagung.

Kasus yang umum terjadi, blog gres mencar ilmu jalan namun sudah dibebani iklan yang berlebihan. Dan lucunya, mereka berharap hasil yang maksimal. Namun ada juga blog yang sudah mapan, namun penghasilan belum sepadan. Itu fenomena blogging yang sudah sering kita jumpai.

Kesimpulan


Semua poin di atas, merupakan kemungkinan alasan penyebab blogger mulai malas ngeblog. Hal tersebut mungkin bisa di atasi dengan dua hal. LOYALITAS dan KONSISTENSI. Dua hal ini menjadi modal utama bagi Anda sebagai seorang blogger.

Loyalitas mendorong kita melaksanakan yang terbaik untuk blog kita sendiri tanpa pamrih. Sedangkan konsistensi akan menjaga kesepakatan pada diri sendiri untuk tetap selalu aktif menunjukkan isu kepada pembaca setia.

OK, mungkin hingga disini uraian penulis perihal penyebab blogger malas ngeblog. Semoga bisa membawa manfaat buat Anda, semoga selalu tetap semangat ngeblog dan tidak putus asa.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan wassalam.