Latest News

Mengolah Blog menjadi Mesin Uang

Bagaimana mengolah blog menjadi mesin uang? ‘Blog untuk dollar’ atau ‘dollar untuk blog’? Itu yakni bentuk idealisme sederhana seorang blogger sebagai pencetus utama ketika membuat blog. Tiap-tiap blogger tak akan sama.

Harapan terbesar seorang blogger tentu ingin menimbulkan blog sebagai mesin uang di internet. Ini yakni bentuk semboyan yang tidak mampu ditawar lagi, meski masing-masing memiliki idealisme yang berbeda-beda.

Namun tidak mampu dipastikan, kapan sebuah blog mulai mampu menghasilkan uang. Ada yang menunggu beberapa bulan hingga trafik pengunjung melonjak dan stabil. Namun ada pula yang gres buat blog dengan konten minim tapi pribadi memasang iklan pada blog.

Blog Penghasil Dollar


Banyak cara untuk mengeruk dollar dari internet, salah satu nya dengan memanfaatkan blog dengan memasang iklan PPC, kegiatan affiliasi, ruang iklan, jasa menulis artikel, ebook selling, dan yang terakhir yakni publisher Google Adsense.

Dari segi pendapatan, menjadi publisher Adsense yakni pilihan yang lebih menjanjikan.

Tapi tunggu dulu. Mencari dollar lewat blog juga ada aturannya bro. Itu bila kita memang ingin serius menekuni blog untuk dimonetisasi.

Mengolah Blog menjadi Mesin Uang

Kapan Blog Mulai Menghasilkan Dollar?


Saya coba berikan ilustrasi biar gampang dimengerti.

Kita ibaratkan blog yakni toko serba ada. Apa yang diharapkan untuk memulai perjuangan toko serba ada? Tentu butuh persiapan dan perencanaan, antara lain.

1. Tempat perjuangan (Domain)

Toko butuh daerah usaha. Ngeblog pun demikian. Tempat perjuangan merupakan sarana untuk memamerkan barang yang akan kita jual. Demikian pula ngeblog.

Domain dan hosting merupakan daerah berpijak kita untuk menyampaikan konten yang akan kita ‘jual’ kepada pembaca.

Membangun daerah perjuangan tergantung dari anggaran. Bisa membeli lahan sendiri atau pun menyewa. Dalam dunia blogging, domain punya tugas yang paling vital. Disini kita mampu memilih untuk membeli domain atau pun mencari yang gratisan.

Keduanya tergantung dari isi kantong. Domain berbayar dan gratisan, keduanya ada plus minusnya.

2. Membangun daerah perjuangan (membangun blog/website)

Agar pembeli tertarik, toko harus didesain sebagus mungkin. Secara psikologi, pengunjung lebih tertarik dengan toko yang memiliki susunan dan display barang yang rapi dan apik.

Demikian pula dengan ngeblog. Desain atau template sangat menentukan citra pemilik blog. Pembaca akan menikmati blog dengan desain yang sederhana namun sedikit elegan.

Tidak terlalu banyak pernak pernik yang mengganggu. Meskipun desain blog yakni selera dari tiap blogger, namun hal ini jangan dianggap sepele.

3. Kelengkapan Isi Toko (Konten Blog)

Setelah daerah perjuangan dan bentuk bangunan sudah jadi, selanjutnya  mengisi toko dengan barang yang ingin di jual. Kita selaraskan dengan blog.

Setelah desain atau template dan beserta kelengkapannya sudah terpenuhi. Langkah kita selanjutnya tentu mengisi blog dengan konten sesuai niche yang sudah Anda tentukan.

Semakin banyak konten berpotensi menarik banyak pengunjung. Pada titik ini, keahlian untuk merancang sebuah konten yang benar-benar memiliki daya tarik untuk memikat pengunjung, sangat diperlukan.

4. Promosi Toko (Blog Marketing)
Ini yakni langkah terakhir untuk membangun sebuah daerah perjuangan berupa toko serba ada, yang merupakan analogi dari sebuah blog.

Blog beserta isinya, wajib kita promosikan, biar para netizen di dunia maya mengenal dan mengetahui keberadaan blog yang kita kelola.

5. Sponsor (Iklan Blog)

Nah, poin inilah yang menjadi pola artikel ini. Setiap jenis perjuangan butuh yang namanya sponsor. Begitu pun blog.  Ada dua jenis sponsor atau iklan, yaitu skala besar dan skala kecil.

Untuk skala kecil, memiliki syarat yang tidak terlalu ketat, yang penting ada sarana buat mereka memasang iklan pada sebuah blog. Jika di dunia maya contohnya, Adf.ly, Shorte.st, Bidvertizer, Chitika dan lain-lain.

Program periklanan ini tidak terlalu memberatkan publisher nya dengan syarat yang rumit. Karena komisi yang kita dapat juga tidak terlalu besar, meskipun sama-sama dollar. Asal punya blog atau website, mereka siap menyampaikan jatah iklan.

Sponsor iklan skala besar memiliki banyak syarat dan melalui seleksi yang sangat ketat dengan persaingan yang tinggi.

Ini wajar, alasannya yakni pendapatan tiap klik pengunjung nilainya cukup tinggi. Mereka lebih selektif dalam memilih calon publisher. Iklan jenis ini menjadi incaran para blogger. Salah satu contohnya yakni Google adsense.

Kita lihat dari kacamata bisnis. Anggap kita sebagai pihak advertizer yang ingin memasang produk pada sebuah blog. Apa yang menjadi pertimbangan utama terhadap calon publisher Anda?

a. Popularitas Blog atau website

Blog yang populer di dunia maya, umumnya memiliki jumlah pengunjung harian yang tinggi. Jika Anda seorang advertizer, ini aba-aba ladang uang. Iklan yang akan kita pasang pada blog tersebut, memiliki peluang untuk dilihat oleh banyak visitor .

b. Umur Blog

Menurut perhitungan statistik sederhana, semakin lama umur blog, lalu lintas pengunjung juga makin tinggi, alasannya yakni bahan blog makin bervariasi dan komplit. Inilah keunggulan yang menjadi poin penting sebuah blog di mata advertizer.

c. Konten Blog

Niche blog terlaris di internet, biasanya menjadi patokan seorang advertizer ketika men- survey  calon publisher. Blog dengan niche yang lagi ngetrend, akan memiliki pembaca dengan segmen pasar yang universal.

d. Trafik Pengunjung

Poin ini menjadi rujukan utama advertizer, alasannya yakni mata uang yang paling berharga bagi blog dan advertizer yakni pengunjung. Pengunjung blog yang melimpah setiap harinya akan membawa keutungan bagi mereka.

Kesimpulan


Menjadikan blog sebagai mesin uang melalui kegiatan iklan, tergantung skala iklan yang di inginkan.

Pilih skala iklan yang benar-benar sesuai dengan kapasitas blog. Andai blog belum memenuhi syarat untuk sebuah iklan berskala besar, lebih baik jangan memaksakan diri.

Jika terlalu dipaksakan, pendapatan mampu dipastikan tak akan sesuai dengan harapan.

Untuk memilih iklan dengan penghasilan tinggi  (Adsense contohnya), maka empat poin perihal sudut pandang advertizer terhadap publisher harus anda cermati .

Untuk itu perlu waktu dan persiapan yang sempurna sebelum blog difungsikan sebagai mesin dollar.

OK di sini selesai penjelasan dari saya. Semoga bahan mengolah blog menjadi mesin uang ini mampu bermanfaat. Jika Anda blogger sejati, jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan wassalam.