Latest News

Mengatasi Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Mengatasi penyebab blog sepi pengunjung. Blog Anda sepi pengunjung? Pasti mumetnya ngga ketulungan. Bahkan mampu bikin Anda stres alasannya yaitu galau mencari penyebab dan solusinya. Bukan begitu bro?

Publikasi artikel hampir tiap hari, bahkan mirip minum obat sehari 3 kali. Tapi tetap saja pengunjung masih sepi. Promosi ke sosial media sudah gencar dilakukan, namun risikonya tetap nihil. Visitor  belum beranjak dari angka puluhan.

Errrgghh...membuat otak tambah panas.

Apalagi kalo ada sobat yang entah sengaja atau tidak, pamer statistik blog di hadapan Anda. Wuih, rasanya bikin gondok campur sebel. Seolah-olah Anda blogger paling menderita di jagad internet ini.

Jangan khawatir, banyak kok penyebab kenapa blog jadi sepi.  Mungkin kasus di atas sering Anda alami, namun hingga ketika ini masih belum ketemu jalan keluarnya.

OK, mari kita bicara empat mata untuk mencari akar masalahnya.

Mengatasi Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Penyebab Blog Sepi Pengunjung


Sepi nya pengunjung blog dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor eksternal biasanya berasal dari perubahan global yang datangnya tiba-tiba tanpa disadari.

Contohnya, perubahan algoritma Google, atau gangguan server pada domain hosting yang berimbas pada blog atau website Anda. Faktor ini tidak akan saya bahas lebih dalam, alasannya yaitu terlalu rumit untuk dijabarkan.

Saya lebih cenderung membahas faktor internalnya, yaitu penyebab sepi nya pengunjung jawaban kesalahan dari pemilik blog itu sendiri. Apa saja itu?

Berikut penjelasan nya.

1. Topik Anda kurang ngetrend

Topik yang ngga umum atau jarang dibicarakan orang akan terdeteksi pada rendahnya volume pencarian di halaman Google. Barometer ini mesti mampu Anda tebak dari awal mula ketika akan menulis sebuah artikel. Karena besar kecilnya volume pencarian berkaitan bersahabat dengan minat baca orang di internet.

Jangan menulis tergantung pada mood Anda sendiri. Belum tentu apa yang Anda tulis itu benar-benar dicari dan dibutuhkan.

Lakukan riset sederhana untuk meraba isu yang sedang hangat di media sosial, forum atau informasi di media elektronik. Asah kepekaan jurnalistik Anda. Temukan poin penting yang mampu diangkat sebagai topik artikel sesuai dengan niche Anda.

2. Lebih banyak update dibanding promosi

Apa sih kerjanya blogger? Ya,..update..update..dan terus update. Mereka hanya fokus pada motto ngeblog, “makin banyak artikel – makin banyak pengunjung”.

Padahal faktanya ngga mirip itu. Banyak kok blogger yang punya seabrek artikel di blognya, tapi tetep aja visitornya ‘melepuh’.

Kalo boleh saya nanya? Mana yang berpotensi menambah visitor - update rutin atau promosi yang efektif?

Saya pilih promosi yang efektif.

Tentu Anda berpikir mirip ini, "kalo ngga update rutin, trus apa yang mau dipromosikan mas?"

Nah, inilah contoh pikir blogger yang selama ini keliru. Promosi hanya setelah artikel rampung ditulis dan dipublikasikan. Promosi yang efektif tidak harus mirip itu.

Halaman homepage dan deskripsi blog pun mampu juga Anda tawarkan. Yang penting call to action nya benar-benar mampu menyakinkan orang bahwa blog Anda punya ‘nilai jual’.

Mulai sekarang, antara update dan promosi – takar porsinya. Pasarkan artikel Anda sedikit lebih agresif.

Jangan takut, Google ngga akan marah andai kata Anda tidak update hingga berbulan-bulan. Tapi jikalau berhari-hari blog tidak Anda promosikan, jangan harap ada pengunjung yang datang.

Yang penting, percaya diri aja dengan kualitas blog Anda. Jangan hingga promosi membabi buta tanpa pertolongan artikel yang layak baca.

intermezo dulu,..ayo baca artikel keren di bawah ini :
CARA NAIKIN PAGEVIEW DENGAN MUDAH

3. SEO Onpage Anda Payah

SEO Onpage masih menjadi senjata utama untuk menarik pengunjung. Alasannya?

Teknik SEO onpage yang baik akan membuka peluang untuk mengantarkan artikel Anda muncul di halaman pencarian Google.

Semakin banyak artikel Anda jauh dari pageone, blog Anda makin kurang di kenal. Kan ada pepatah, ‘tak kenal maka tak sayang’. Bagaimana mungkin pengunjung akan datang kalo mereka absurd dengan blog Anda. Betul tidak?

Nah, halaman pageone itu menyerupai promosi gratis dari Google untuk konten Anda. Dan tiket masuknya yaitu teknik SEO yang wajib Anda pelajari.

Jika ketika ini blog Anda selalu sepi pengunjung, coba check up ulang SEO onpage yang Anda pakai. Jangan hingga artikel Anda tel4nj4ng tanpa SEO.

4. Blog kena pentung Google

Pukulan ringan Google mampu berbentuk deindeks atau pun sandbox. Yang paling parah banned.

Biasanya ini terjadi alasannya yaitu Anda terlalu sembrono. Keseringan memakai jurus ngeblog yang dampak negatifnya tidak Anda sadari.

Nyepam di mana-mana. Copas artikel orang seenaknya. Pasang iklan berbau malware. Dan banyak sekali ilmu hitam SEO lainnya.

Jangan hingga ini menimpa blog Anda. Jangankan visitor, nyamuk pun ngga akan ada yang datang. Tanpa diramal pun, trafik bakal anjlok. Hal ini alasannya yaitu blog Anda hilang dari peredaran - bolos dari mesin pencari.

Jalan sempit untuk pengunjung masuk hanya lewat link yang pernah Anda sebar. Itu pun andai di klik orang.

Google itu mesin pencari terbesar di internet. Kalo blog Anda diisolasi sama dia, trus mau dapat pengunjung dari mana?

5. Keseringan ganti kostum blog

Saya punya dugaan, entah ini benar atau tidak. Blog yang sering merubah tampilan template, biasanya punya duduk perkara dengan pageview.

Asumsi ini muncul dari pengesahan beberapa sobat di forum. Saya perhatikan, hampir tiap bulan mereka ganti kostum. Alasannya pun kadang ngga masuk nalar – BIAR PENGUNJUNG BERTAMBAH (itu kata mereka).

Kok alasannya rada ngga nyambung ya? Apa mungkin setelah ganti template, pengunjung eksklusif ‘membludak’?

Memang betul, lancar tidaknya susukan perayapan robot Google tergantung template yang kita pakai. Tapi itu bukanlah faktor yang absolute. Semua kembali lagi pada topik dan konten yang Anda tulis.

Asal tahu saja, ketika terjadi perubahan struktur template secara menyeluruh, butuh waktu 1-2 ahad buat bot untuk merayapi setiap jengkal script pada blog Anda. Hingga semua kembali normal mirip biasa.

6. Judul Headline ngga Kompetitif (jarang di klik)

Di pageone, judul artikel tiap-tiap blog hampir 90% punya kemiripan. Ya ngga? Pasti iya.

Ini terjadi alasannya yaitu banyak blogger yang terlalu memaksakan menaruh kata kunci pada judul. Atau membuat judul yang persis dengan kata kunci.

Buang jauh-jauh tradisi itu. Headline Anda malah terlihat monoton.

Ingat, judul yang ngga asyik, jarang dapat klik. Kecuali bendera blog Anda sudah berkibar cukup lama apalagi sudah cukup dikenal dan kredibilitasnya diakui.

Tapi jikalau blog Anda gres berkibar setengah tiang, manfaatkan headline sebagai senjata untuk bersaing dalam menarik simpati pembaca.

Buat judul yang lebih berbeda, meski target kata kuncinya sama.

Secara analogi, sebuah bercak atau noda akan lebih diperhatikan orang pada setiap pakaian yang mereka kenakan.

Untuk itu, buatlah judul Anda menyerupai sebuah noda.

Saat artikel Anda share di social media, atau jikalau kebetulan muncul di pageone, secara otomatis orang akan eksklusif tertuju pada artikel Anda.

Ngga percaya? Coba aja.

7. Kurang bersosialisasi di dunia maya

Anda blogger introvert? Pingin nya menyendiri ngga mau berinteraksi.

Meski Anda merasa hebat ngeblog dengan artikel level tinggi, tapi kalo ngga ada yang kenal, buat apa?

Tahu blogsphere kan? Sebuah kumpulan blog yang saling terkoneksi di dunia internet. Atau wadah daerah ngumpulnya para pemilik blog.

Ada blog directory, socialbookmark, bahkan social media pun kini menjadi daerah nongkrongnya para blogger dari penjuru dunia. Perkenalkan blog Anda di situ.

Kalo blognya pingin banyak pengunjung, cobalah berinteraksi dengan sesama blogger. Bagikan ilmu Anda, jangan pelit. Seringlah bertegur sapa lewat komentar.

Jangan jadi blogger yang sukanya membisu di pojokkan. Ayo berinteraksi. Join lah di grup, forum, atau komunitas yang banyak tersebar di internet.

Semakin banyak sobat yang Anda miliki, semakin terbuka kesempatan blog Anda dikunjungi oleh pembaca.

Kesimpulan


Blog sepi pengunjung tak perlu disikapi berlebihan. Yang namanya trafik, kadang melejit, kadang terpuruk. Tapi kalo terus-terusan nyungsep, perlu diambil tindakan kasatmata untuk memperbaikinya.

Saya punya beberapa saran untuk Anda jadikan pegangan.
  • Pilih topic yang tepat, banyak dicari dan disukai. Jangan buang waktu dan energi Anda untuk artikel yang ngga terang targetnya.
  • Imbangi rutinitas update dengan promosi yang benar dan terjadwal.
  • Benahi SEO Onpage blog Anda. Pelajari cara kerja mesin pencari.
  • Selalu perhatikan kualitas konten Anda. Jangan asal nulis.
  • Jauhi teknik ngeblog yang menyesatkan.
  • Jangan keseringan ganti template kalo ngga tahu ilmunya.
  • Pelajari copywriting, supaya judul headline Anda lebih menggigit.
  • Jangan aib bersosialisasi dengan blogger lain.

Semoga mampu bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan wassalam.