Latest News

Ingin Tahu Siapa yang Copas Artikelmu? Pakai Cara Ini

Pernahkah artikel mu dicopy-paste (copast) oleh blogger lain tanpa Anda sadari? Saya yakin banyak blogger yang mengalami kasus ibarat ini.

Reaksinya pun bermacam-macam. Ada yang cuek. Ada yang kesal trus lapor ke Google. Ada yang menegur langsung. Bahkan ada yang justru merasa besar hati artikelnya ada yang nyontek.

Bagi saya, dalam dunia blogging, agresi copas meng-copas itu sudah lumrah. Makanya saya termasuk blogger yang apatis ketika ada yang mengcopy salah satu artikel yang pernah saya tulis. Disitu malah kadang saya merasa sedikit bangga. Artinya, goresan pena saya membawa ‘manfaat’ buat blogger lain.

Tapi ngomongin soal agresi copas, tahukah Anda cara termudah untuk mengetahui siapa dan apa nama blog yang telah tega melaksanakan agresi yang ‘brutal’ itu?

cara mengetahui pelaku artikel copas

Sebelumnya mungkin ada yang bertanya, “Kok nama tag di menu navigasinya ‘Artikel Pendek’ mas?

Karena ini yaitu tag khusus yang sengaja saya buat untuk menampung artikel pendek yang akan saya tulis. Jumlah karakternya pun saya batasi maksimal 500 kata dengan topik-topik ringan seputar permasalahan yang sering dialami oleh para blogger. Salah satunya yaitu bahan perdana yang ketika ini sedang Anda baca.

Oke, kembali ke permasalahan.

Cara Melacak si Tukang Copas


Melacak siapa orang dibalik agresi plagiat terhadap karya Anda sangatlah mudah. Tapi cara ini akan 100% bekerja bila artikel Anda di copas secara utuh. Mulai dari gambar, susunan paragraf, hingga tag heading nya.

Disamping itu, cara ini juga berfungsi untuk mengetahui blog mana saja yang telah memakai gambar original Anda tanpa ijin.

Inilah cara sederhana untuk mengetahui siapa yang telah copas artikel Anda.
  1. Dari menu ‘Pos” pada dasbor blogger, pilih artikel yang Anda curigai telah di copy paste oleh blogger lain. Utamakan yang paling banyak dilihat pengunjung atau yang berhasil duduk di pageone.
  2. Arahkan kursor mouse ke gambar pada artikel lalu klik kanan dan pilih “Telusuri Google untuk gambar”.
  3. Pada hasil pencarian gambar Google, akan muncul daftar artikel dari beberapa blog dengan gambar thumbnail pada sisi sebelah kiri snippet nya.
  4. Selanjutnya, silahkan Anda telusuri sendiri gambar thumbnail dari tiap-tiap blog yang kira-kira sama persis dengan gambar original pada artikel Anda.
  5. Jika sudah ketemu, klik saja URL nya dan perhatikan apakah konten di dalamnya benar-benar sama dengan artikel Anda. Kalo memang 100% sama persis, lihat apakah ada link yang menginformasikan bahwa sumber artikel tersebut berasal dari blog Anda.
  6. Andai tidak ada, langkah berikutnya terserah sampean. Mau dilaporin, diomelin, disumpahin,..up to you.

Coba artikel di bawah ini dibaca juga bro..buat nambah ilmu :
ARTIKEL COPAS, MAHAKARYA BLOGGER PEMALAS
KISAH SEORANG BLOGGER COPY PASTE

Di bawah ini yaitu hasil penelusuran gambar di Google yang pernah saya lakukan. Dari situ terlihat blog yang tertangkap tangan telah mengcopas bulat-bulat salah satu artikel dan gambar original dari blog ini.

hasil penelusuran gambar google

contoh hasil gambar yang dicopas

Berhubung saya orangnya baik hati dan tidak sombong (preeet..), dengan rela hati artikel tersebut saya biarkan dicopas orang. Karena dari kacamata indeksasi Google, hadirnya artikel copas tersebut tidak membawa dampak yang berarti terhadap hasil pencarian untuk artikel tersebut.

Nah, itulah sedikit tips untuk mengetahui siapa pemain film dibalik agresi copas terhadap artikel Anda.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.