Latest News

Cara Paling Mudah Membuat Laman Contact

Cara paling mudah membuat laman contact. Laman contact penting untuk blog. Membuat laman contact tidak terlalu rumit.

Halaman contact, tiap blogger berbeda-beda dalam penyebutan nya. Ada yang menamakan “Contact Us”, “Hubungi Kami”, “Contact Form” dan banyak sekali model lainnya.

Halaman contact memiliki fungsi dua arah, adalah untuk pemilik blog dan pembaca atau pengunjung. Melalui halaman ini, pengunjung mampu mengajukan beberapa keluhan, kebanggaan serta kritikan yang menyangkut bahan dan konten kepada pemilik blog.

Halaman contact juga merupakan salah satu syarat penting yang wajib disertakan dikala mengajukan permohonan Adsense.

Dalam praktek nya, kadang halaman contact hanya sebagai formalitas. Terkadang ada saja kelakuan usil dari blogger pembangkang yang suka menjahili suatu blog melalui halaman contact.

Bagi Anda yang blognya belum ada halaman contact, saya sarankan buat sekarang juga dengan mengikuti penjelasan saya di bawah ini.

Saya berikan dua cara untuk membuat halaman contact yang mampu Anda ikuti langkah-langkahnya. Mari kita eksklusif menuju ke TKP.

cara membuat halaman kontak

1. Foxyform


Cara pertama ini tergolong mudah dan sederhana. Kita akan memanfaatkan situs FoxyForm. Tidak butuh banyak langkah dalam prosesnya. Cekidot.

a. Pada dasbor blogger, buat laman kontak, beri judul “Contact Us” atau Contact Form” terserah anda.

b. Buka tab baru, kemudian masuk ke halaman www.foxyform.com

c. Tampilan halaman yang muncul sesuai gambar di bawah ini.

membuat laman kontak

Pada gambar di atas terdapat kotak isian untuk menyesuaikan warna dan ukuran contact form sesuai selera kita. Namun saya sarankan, biarkan tetap ibarat itu.

Masukkan alamat email dan centang kotak di sebelah goresan pena I'm not a robot, lalu klik create formular. (lihat gambar di bawah)

membuat laman kontak

d. Berikutnya akan muncul tampilan isyarat script untuk di letakkan pada blog Anda. Copy isyarat tersebut dan pindahkan pada laman kontak yang telah Anda buat pada langkah pertama. Letakkan pada mode html (jangan 'Compose') lalu publish.

membuat laman kontak

e. Jika berhasil, tampilan laman contact Anda akan sama dengan gambar di bawah ini.

membuat laman kontak

Itu cara mudah pertama membuat laman contact melalui situs foxyform.

2. 123Contactform


Cara berikutnya, kita pakai dari situs www.123contactform.com ikuti langkah-langkahnya ibarat di bawah ini.

a. Seperti biasa, buat laman gres pada dasbor blogger dan beri judul.

b. Pada tab baru, buka halaman www.123contactform.com lalu klik sign up for free.

membuat laman kontak

c. Pilih pendaftaran yang gratis atau free, lalu klik sign up.

membuat laman kontak

d. Buat akun gres dengan memasukkan data pada kotak yang telah tersedia, atau mampu eksklusif daftar menggunakan akun Gmail atau Facebook Anda,  dengan mengklik logo media umum di bawah form create account.

membuat laman kontak

e. Pada halaman web yang muncul, pilih create new form, lalu mulai buat contact form dengan mengklik contact and lead form, ibarat gambar di bawah ini.

membuat laman kontak

f. Terdapat lima tag menu adalah Edit, Setting, Publish, Submission, dan Report.

g. Selanjutnya, pada tag menu Edit ditampilkan bentuk tampilan contact form Anda. Pada kolom Basic Field Anda boleh menkostumisasi tampilan contact form sesuai pilhan yang ada. Jangan lupa klik kotak hijau bertuliskan Publish Form.

h. Tapi sebelumnya, pada tag menu Setting, pastikan tertera alamat email Anda pada Form Owner, lalu klik Save.

membuat laman kontak

i. Berikutnya pada tag menu Publish. Pada kolom menunya, pilih Blogger. Lalu copy isyarat yang muncul dan paste kan pada laman kontak Anda di HTML (bukan Compose) jangan lupa publikasikan.

membuat laman kontak
membuat laman kontak

j. Untuk melihat hasil laman contact pada blog Anda klik tombol live demo. Salah satu contohnya ibarat gambar dibawah ini.

membuat laman kontak

Bagaimana? Gampang kan?

Ok, hingga disini penjelasan dari saya perihal dua cara paling mudah membuat laman kontak pada blog. Semoga ada manfaatnya.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan Wassalam. Adios.