Latest News

Cara Bikin Kotak Subcriber di Bawah Postingan Blog

Cara membuat subscriber box. Sebelum mengetahui caranya, mari mengenal dulu apa manfaat dari kotak subscriber yang sering kita lihat pada blog yang kita kunjungi.

Fungsi widget subscriber lebih menyerupai jembatan penghubung antara pemilk blog dengan pembacanya. Manfaatnya tentu untuk menjalin komunikasi yang lebih intens dan berkesinambungan.

Bagi pemilik blog, cara ini dipakai untuk mendapat lebih banyak pembaca setia guna meningkatkan pageview. Untuk subscriber, mereka akan mendapatkan update rutin melalui email terkait berita blog yang mereka subscribe.

Subscriber box tidak hanya berlaku untuk blog, tapi mampu juga diterapkan pada video Youtube atau pada fanspage media social menyerupai Facebook.

Berhubung ada yang request tutorial cara membuat kotak sucbriber menyerupai yang ada pada blog ini, maka sengaja saya tulis artikel ini untuk membahas soal instalasi subscriber box di bawah postingan blog.

Cara Membuat Kotak Subcriber di Bawah Postingan

Widget ini mampu juga dipasang pada sisi sidebar. Tapi saya lebih suka meletakkannya di bawah postingan lewat HTML template, sebab ketika simpulan membaca keseluruhan artikel diperlukan pembaca mau menjadi subscriber blog ini.

Sekedar mengingatkan, widget ini lebih cocok untuk blog yang sudah punya artikel lumayan banyak. Kalo jumlah artikel Anda masih sedikit, saya berani jamin widget ini akan mubazir sebab hanya akan menjadi hiasan blog saja.

Ya udah segitu aja basa-basi dari saya. Mari lanjut ke proses pembuatannya. Simak di bawah ini.

Cara Membuat Subcriber Box di Bawah Postingan


Yang pertama, salin dulu instruksi scriptnya DISINI, selanjutnya baca penjelasannya di bawah ini :
  1. Untuk merubah tampilannya (warna background, font, border, dan lain-lain), silahkan ganti instruksi warna pada script di atas, biasanya diawali dengan tanda hashtag (#). Kalo ngga tahu pilihan instruksi warnanya, buka aja Google dengan kata pencarian “kode warna css” lalu pilih warna sesuai selera Anda.
  2. Ubah kalimat yang berwarna merah, ganti sesuai dengan hati nurani Anda. Kalo mau sama persis dengan punya saya,...ya monggo.
  3. Khusus pada URL feed, ganti goresan pena “BlogMustTeguh” (tulisan warna biru) dengan nama feed Anda.

Karena widget ini dipasang di bawah postingan, maka pemasangannya mau ngga mau harus lewat edit HTML pada template. Agar posisinya mampu ngepas di bawah postingan artikel, cari di episode body,  kode </article> (gunakan CTRL+F)  lalu letakkan instruksi scriptnya sempurna di bawah instruksi </article> tersebut.

Klik Pratinjau untuk mengecek apakah template mengalami error atau tidak.

Jika semua sudah okeh, silahkan Save Template Anda.

Seandainya terjadi error, parse instruksi scriptnya.

Selesai

Bagaimana saudara? Mudah bukan membuat kotak subcriber? Saya harap kesannya mampu menyerupai dengan subcriber box menyerupai yang terlihat di bawah artikel ini.

Terima kasih buat yang sudah me-request artikel ini. Semoga bermanfaat.

Monggo yang ini juga dibaca ya :

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.