Latest News

5 Widget yang Harus Ada di Blog Kamu

5 widget yang harus ada di blog. Widget yakni sebuah aplikasi berisi aba-aba script untuk dipasang pada blog. Fungsinya tidak hanya sebagai pelengkap,pemanis, ataupun hiasan semata.

Widget dipercaya bisa memperlihatkan kontribusi yang signifikan terhadap blog. Widget pada blog merupakan bentuk navigasi untuk memudahkan pembaca menjelajahi blog Anda, meski tidak semua widget memiliki fungsi menyerupai itu.

Namun, terlalu banyak widget kurang mengagumkan bagi blog itu sendiri. Efeknya berimbas pada loading halaman yang lambat dan berat. Ini bisa merugikan blog Anda.

Untuk itu kita harus tahu betul, widget apa saja yang perlu Anda pasang dan bagaimana mengoptimalkan fungsinya.

Widget yang Harus Ada di Blog Kamu

5 Widget Penting


Mari ikuti pembahasan dari aku ihwal 5 widget yang penting untuk blog.

Popular Post

Widget ini wajib dan harus ada. Melalui widget ini, pengunjung bisa mengetahui topik apa saja yang paling banyak dicari oleh pembaca lainnya pada blog Anda.

Jangan terlalu 'ngirit' memasang artikel pada popular post, usahakan menampilkan minimal 7 artikel. Tujuannya semoga artikel kita lebih banyak tereksplorasi oleh pembaca. Ini yang bisa membuat pembaca betah berada di blog kita. Mereka bisa memilih judul artikel yang banyak dibaca oleh pengunjung lain.

Arsip Blog

Ada beberapa yang menganggap widget ini kurang begitu penting. Pendapat itu boleh saja andai artikel kita masih sedikit. Jika artikel kita ada 100 atau bahkan lebih, widget arsip layak untuk Anda pasang.

Widget ini sebagai sarana dokumentasi untuk semua artikel yang telah Anda terbitkan. Artikel yang sudah lama Anda terbitkan, bisa dicari melalui widget ini.

Pembaca bisa tahu, jumlah semua artikel yang telah Anda tulis serta bulan dan tahun pembuatan nya.

Kategori atau Label

Fungsi utama widget ini yakni untuk mengelompokkan artikel secara otomatis berdasarkan kriteria yang telah kita tentukan. Sebenarnya widget kategori atau widget label masing-masing berbeda penempatan nya. Karena fungsinya yang hampir sama, kita bisa memilih salah satunya saja.

Melalui widget ini, pembaca bisa menelusuri kriteria pada blog untuk menemukan artikel yang mereka butuhkan.

Kotak Pencarian (search)

Widget ini berfungsi untuk mempercepat pencarian artikel pada blog. Termasuk dalam navigasi blog yang sangat dianjurkan oleh para pakar blogger. Melalui kotak pencarian, pengunjung tinggal memasukkan kata kunci, akhirnya bisa dilihat pada tampilan pencarian pada blog Anda.

Gunakan kotak pencarian custom Google. Tampilan hasil pencarian nya menyerupai dengan search engine Google, hanya saja skala pencarian nya lebih spesifik pada blog Anda saja.

Silahkan anda ketik kata kunci pada kotak pencarian pada blog ini, akhirnya akan menyerupai dengan mesin pencari di Google. Keren bukan?

Recent Post

Pengunjung akan mengetahui artikel terbaru yang telah Anda terbitkan melalui widget ini. Seperti pada widget popular post, pasang minimal 7 artikel. Tujuannya semoga lebih banyak artikel terbaru yang bisa Anda hadirkan untuk pembaca.

Secara tidak langsung, widget ini akan mempromosikan artikel terbaru Anda kepada pengunjung.

Kesimpulan


Jangan asal memasang widget pada blog. Ketahui dulu fungsi dan manfaatnya. Usahakan memasang widget yang berfungsi sebagai penunjuk arah bagi pembaca semoga mudah menemukan dan menjelajahi isi blog kita.

Lima widget di atas, aku rasa sangat penting untuk Anda pasang pada blog. Navigasi yakni hal pokok yang menjadi pertimbangan Google dalam menentukan calon publisher untuk Adsense.

Kurangi atau jikalau perlu hapus widget-widget yang tidak berguna. Kecepatan loading halaman sebuah blog sangat dipengaruhi oleh widget yang menempel pada blog Anda.

Jika loading ringan, artikel makin cepat terbaca. Itu bisa menjadi modal untuk menjaring pengunjung semoga mau membaca goresan pena yang sudah Anda publikasikan .

Demikian sedikit informasi yang bisa aku berikan. Semoga bahan 5 widget yang harus ada pada blog ini bisa bermanfaat.

Silahkan di baca :  4 HALAMAN PENTING PADA BLOG

Akhir kata, menyerupai biasa aku berpesan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam.