Latest News

10 Alasan Menghasilkan Uang dari Blog Melalui Bisnis Afiliasi

menghasilkan uang dari blog melalui bisnis afiliasi
Seperti yang telah kita pahami, bahwa selain sebagai wadah untuk menyalurkan informasi, ilmu dan wawasan, blog juga mampu dijadikan sebagai sarana untuk menghasilkan uang. Terdapat ragam cara memonetisasi atau menguangkan blog. Salah satu diantaranya ialah melalui sistem afiliasi.

Mayoritas blogger kini telah beralih menjadi afilliate marketer. Meski bekerjsama aktifitas blogging tetap mereka lakukan, akan tetapi hanya sebagai wadah untuk melancarkan bisnis afiliasinya. Selain lebih mudah, bisnis afiliasi dalam model apapun cenderung minim modal. Sehingga banyak peminatnya. Meski demikian tidak sedikit dari mereka mendapatkan uang lebih banyak dengan cara ini.


Alasan menghasilkan uang dari blog melalui bisnis afiliasi

Nah, artikel kali ini akan mencoba mengungkap alasan mengapa kini banyak blogger memanfaatkan blognya untuk menghasilkan uang dari kegiatan bisnis afiliasi.

1. Tidak harus membuat produk sendiri

Dalam bisnis afiliasi, para marketer hanya merekomendasikan produk orang lain, bukan menjual produk sendiri. Sehingga tidak perlu direpotkan dengan membuat produk sendiri. Fokus pemasaran yang dilakukan ialah menghadirkan banyak visitor dalam blog yang akan menjadi calon pelanggan produk yang dipasarkan.
Artikel wajib baca 15 Alasan Mengapa Anda Gagal Mengelola Blog.

2. Tidak ada biaya perawatan dan perbaruan produk

Marketer afiliasi juga tidak direpotkan dengan operasional produk yang terkait dengan pemeliharaan, perawatan sampai perbaruan produk. Hal tersebut menjadi tanggung jawab pemilik produk. Jika ada penawaran dari pelanggan, maka eksklusif akan diproses oleh pemilik produk. Marketer hanya melaksanakan pemasaran dan mendapatkan hasil dari setiap transaksi yang terjadi melaluinya.

3. Tidak ikut melayani pasca jual

Setelah penawaran disetujui dan terjadi transaksi, maka marketer afiliasi tidak lagi direpotkan dengan layanan pasca jual ibarat pengepakan barang, pengiriman dan lain sebagainya. Hal tersebut ditangani oleh pemilik produk. Selain itu, marketer afiliasi tidak ikut bertanggung jawab dalam menjawab setiap keluhan pelanggan terkait produk yang dipasarkan.

4. Banyak produk sekaligus

Inilah mengapa bisnis afiliasi sangat menarik. Tidak ada batasan jumlah produk yang dipromosikan. Marketer hanya memilih produk yang mampu tertarget. Jika suatu dikala tidak berhasil pada produk tertentu, mampu eksklusif menghentikannya dan beralih ke produk yang lain tanpa ada ikatan apapun.
Artikel pilihan 8 Tips Mendapatkan Kepercayaan dari Pembaca.

5. Menghasilkan uang berulang-ulang

Saat produk sudah terjual, kemudian pemilik produk melaksanakan tagihan langganan, secara otomatis komisi masuk ke kantong marketer. Dan kalau hal itu dilakukan oleh pelanggan tetap yang melaksanakan transaksi berulang-ulang, maka komisi pun juga akan terus bertambah. Belum lagi komisi dari pelanggan yang lain. Dan seterusnya.

6. Menyembunyikan identitas

Bagi sebagian marketer, tidak menginginkan identitas aslinya diketahui publik. Umumnya digunakan untuk bisnis afiliasi produk-produk dewasa. Sistem afiliasi memperlihatkan link URL afiliasi dalam bentuk instruksi unik. Sehingga tidak dapat eksklusif dikenali oleh pelanggan.

7. Mulai sekarang, eksklusif dapat uang

Jika teman telah memiliki blog dan ingin mengikuti bisnis afiliasi ini, maka jangan tunggu lagi. Langsung daftar sebagai afilliate. Lalu mulai mempromosikan produk yang disediakan. Dan kalau terjadi transaksi, peluang untuk mendapatkan uang semakin besar.
Buat blog sekarang Kumpulan Artikel Tips, Trik dan Cara Membuat Blog.

8. Tidak terikat kontrak

Setelah mengikuti kegiatan afiliasi, para marketer tidak dibebani kontrak apapun. Bahkan mampu membatalkan akunnya kapan saja. 

9. Negosiasi komisi

Pada beberapa platform afiliasi, ada yang memungkinkan setiap akun memiliki komisi yang berbeda. Marketer diberi kesempatan untuk mendapatkan prosentase komisi yang didapatkan melalui negosiasi dengan staff atau pemilik produk.

10. Minim biaya operasinal pemasaran

Segala macam yang terkait promosi penjualan ibarat pembuatan banner, pelayanan surat penjualan, layanan email template dan sebagainya menjadi tanggung jawab pemilik produk. Marketer hanya fokus pada pemasaran produk dengan menghadirkan visitor blog sebanyak-banyaknya.
Artikel terkait 5 Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung.
Sahabat dapat melihat sendiri bagaimana alasan yang seseorang blogger mampu menjadi afilliate marketer. Dan saya yakin, teman pun mampu melakukannya dan sukses ibarat afilliate marketer lainnya. Apalagi hampir sebagian besar produk yang dijual secara online telah disediakan kegiatan afiliasi untuk memudahkan pemasarannya.