Latest News

Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan

Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan - Seperti yang kita ketahui, bahwa blog dengan platform subdomain blogspot dari blogger yaitu salah satu web source untuk membuat blog paling populer. Pada default blogger ini, telah diberikan layanan atau fitur-fitur untuk mempermudah dalam membuat blog. Fitur-fitur ini tersaji dengan sangat lengkap dan mudah dipahami. Salah satu fitur yang tersedia yaitu fitur untuk mempermudah dalam membuat postingan artikel. Fitur ini dinamakan post editor.


Apa Post Editor itu?

Secara umum fitur post editor yaitu kumpulan aba-aba atau ikon guna memformat sebuah postingan. Pemanfaatan fitur ini tidak saja membuat artikel makin baik dari segi tampilan, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai senjata untuk meningkatkan optimalisasi search engine. Makin cepat sebuah postingan nangkring di halaman mesin pencari google, maka makin cepat pula visitor berdatangan.

Sebagai gambaran umum, berikut teladan screenshoot lengkap post editor.
Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan

Fungsi dan cara penggunaan post editor

Baiklah, berikut aku beri gambaran secara umum bagaimana memanfaatkan fitur post editor dikala membuat postingan. Selamat menyimak.
Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan
Kotak Post title ini digunakan untuk meletakkan judul postingan. Sedangkan kalimat sebelumnya, , yaitu judul blog dan tidak menghipnotis kalimat pemanis pada judul postingan.
Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan
Compose, yaitu editor post yang berfungsi untuk membuat goresan pena tanpa dilengkapi dengan bahasa HTML maupun Java script. Sedangkan HTML, merupakan kebalikan dari Compose, memiliki kegunaan untuk membuat postingan dalam bahasa HTML. Sebaiknya untuk pemula untuk menggunakan fitur Compose terlebih dahulu. Karena lebih mudah dengan hasil tampilan yang sama dengan versi live blognya.


Trik menarik Cegah Copy Paste Melalui Cara Ini.
Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan
1. Undo (panah ke kiri), memiliki kegunaan untuk mengembalikan entri postingan sebelumnya. Bisa pula menggunakan Ctrl+Z pada papan ketik. Sedangkan Redo (panah ke kanan), kebalikan dari Undo, yakni untuk memajukan format entri. Bisa menggunakan Ctrl+Y.
2. Font, ikon yang bergambar menyerupai huruf, berfungsi untuk memilih font yang digunakan. Bila tidak dipilih, maka blogger akan memasukkannya pada mode default font.
3. Font size, yaitu ikon menyerupai abjad T, berfungsi untuk merubah ukuran font. Dari paling kecil (smallest) sampai paling besar (largest).
4. Format, berupa kotak Heading. Heading secara umum yaitu semacam kerangka karangan. Artikel mampu dipilah-pilah dari judul, sub judul, sampai isi melalui pilihan ini. Ikon ini bahwasanya sangat berperan besar dalam optimalisasi SEO blog. Keywords yang tersebar di dalam sebuah potingan, mampu ditata dengan struktur heading ini dengan aba-aba h1, h2, dan h3.
Info SEO Teknik SEO buat Blog Baru.
Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan
1. Bold, ikon menyerupai abjad B, merupakan editor yang berfungsi untuk menebalkan kata atau kalimat. Bisa pula menggunakan Ctrl+B pada papan keyboard.
2. Italic, ikon dengan gambar garis miring ini berfungsi untuk membuat kata atau kalimat menjadi miring. Bisa pula dengan cara Ctrl+I pada papan ketik.
3. Underline, ikon dengan gambar abjad U bergaris bawah ini memiliki kegunaan untuk menawarkan garis bawah kata atau kalimat. Atau dengan cara Ctrl+U.
4. Strikethrough, ikon dengan gambar abjad ABC yang dicoret, memiliki kegunaan untuk menyoret tulisan, baik kata maupun kalimat.
5. Text Color, berfungsi untuk menawarkan warna pada teks.
6. Text backgorund color, berfungsi untuk menawarkan warna pada latar belakang teks.
Simak 10 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Saat Membuat Blog.
Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan
1. Link, berfungsi untuk membuat tautan pada kata atau kalimat yang dipilih menuju halaman lain, baik link luar (external link) maupun link dalam (internal link). Selengkapnya mengenai link ini mampu teman simak pada Cara Membuat Link di Blog untuk Mengaitkan Antar Halaman dan Postingan.
2. Insert image, berfungsi untuk menyisipkan gambar pada postingan. Selengkapnya mengenai cara menyisipkan gambar, teman simak artikel Cara Menyisipkan Gambar Pada Postingan Blog.
3. Insert video, digunakan untuk menyisipkan klip video ke dalam postingan. Simak caranya pada artikel Cara Menyisipkan Video Pada Postingan Blog.
4. Insert jum break, berfungsi untuk menyembunyikan keseluruhan teks postingan. Secara default bertuliskan read more atau baca selengkapnya. Pengunjung hanya akan mampu membaca keseluruhan artikel dengan cara mengklik tombol read more tersebut. Penjelasan pemanis pada insert jump break ini, silakan simak pada Cara Membuat Insert Jump Break pada Postingan Blog.
Trik menarik Keren, Cara Buat Galeri Foto di Blog.

Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan
1. Alignment, berfungsi untuk mengatur teks pada rataan tertentu, baik rataan kiri (left), kanan (right), tengah (center) maupun rataan menyeluruh (justify).
2. Numbered list, memiliki kegunaan untuk mengurutkan goresan pena dalam bentuk angka yang berurutan.
3. Bullet list, berfungsi menyerupai numbered list, namun dalam bentuk bullet (bulatan).
4. Quote, memiliki kegunaan untuk menentukan kalimat yang akan dipilih. Blockquote mampu berbeda antara satu dengan lainnya tergantung template yang digunakan.
5. Remove formatting, berfungsi untuk menghapus semua bentuk format yang sebelumnya telah dibuat menggunakan fitur-fitur editor sebelumnya.
6. Check spelling, berfungsi untuk memperjelas kalimat yang digaris warna merah. Fitur ini masih menggunakan ejaan bahasa Inggris.
Artikel pilihan Aneka Cara Membuat Kotak Search pada Blog.
Memahami Fitur Post Editor Blogger Sebelum Membuat Postingan
1. Publish, berfungsi untuk mempublikasikan postingan. Dengan memencet tombol ini, maka postingan yang telah dibuat akan live di internet.
2. Save, memiliki kegunaan untuk menyimpan hasil goresan pena pada post editor. Pada intinya, kalau koneksi internet lancar, maka secara otomatis ikon ini akan aktif dikala postingan berhenti beberapa saat. Makara tidak harus memencet tombol Save berulang-ulang.
3. Preview, berfungsi untuk melihat hasil sementara postingan yang telah dibuat.
4. Close, memiliki kegunaan untuk menutup postingan. Jika tombol ini dipencet, maka akan ada notifikasi pilihan melanjutkannya. Sebaiknya sebelum menutup, pastikan postingan telah tersimpan.
Setelah mengetahui fungsi bab pada fitur post editor ini, teman mampu pribadi membuat postingan. Simak caranya pada artikel Membuat Postingan di Blog, It's Very Easy.

Demikianlah pemahaman tentang post editor yang harus kita ketahui sebelum membuat postingan blogger. Semoga bermanfaat.