Latest News

Kenali Batasan Apa Saja yang Terdapat dalam Blogger



Kenali Batasan Apa Saja yang Terdapat dalam Blogger
Kenali Batasan Apa Saja yang Terdapat dalam Blogger - Sebagai seorang admin blog, saya pikir pengetahuan ihwal blogger sebagai platform utamanya meski dikuasai. Atau paling tidak mengetahui.

Secara default, bahu-membahu blogger telah menawarkan gosip yang detail mengenai fitur dan layanan yang ada di dalamnya. Namun demikian, ternyata tidak sedikit yang belum memahaminya. Seperti misal, kini blogspot mampu beralih ke HTTPS, yang sebelumnya HTTP, berapa batas blog dalam satu akun, berapa jumlah postingan tiap blognya dan referensi lainnya. Bahkan, tidak sedikit pula, terutama blogger pemula belum mengetahui manfaat dan fungsi fitur yang mampu dikatakan masih sederhana. Seperti pengetahuan ihwal post editor dan lain-lain. Artikel terkait Seputar Post Editor Blogger.

Ada batasan dalam Blogger?

Nah, kali ini saya akan menyebarkan sedikit yang saya ketahui ihwal apa saja batasan-batasan yang ada di dalam blogger itu. Maksud saya disini adalah, bahwa di dalam blogspot dalam format blogger tidak serta merta tanpa batas atau no limits, akan tetapi ada batasannya, meski ada beberapa fitur yang tidak membatasinya. Namun saya yakin, batasan yang diberikan blogger masih dalam kategori tidak memberatkan bagi admin blog. Baiklah berikut batasan-batasan yang ada dalam blogger.

Jumlah Blog

Berapa jumlah blog yang boleh dimiliki oleh satu akun blogger? Satu akun blogger memiliki batas 100 blog. Saya yakin limit ini tidak ada duduk perkara blogger. Jumlah 100 blog sudah sangat mencukupi. Menurut pengalaman saya, lebih baik fokuskan dulu dengan satu blog sebelum melangkah ke blog baru.

Jumlah Posting

Bolehkah membuat ribuan postingan dalam satu blog? Sangat boleh sekali. Bahkan dalam satu blog tidak dibatasi berapa jumlah postingannya. Kecuali memang sobat mau menghapusnya secara manual atau memilih untuk mengarsipkannya saja. Jadi, gunakan kesempatan mengagumkan ini. Karyakan sebanyak mungkin baik ide, gagasan maupun gosip ke dalam goresan pena dalam bentuk blog.

Jumlah Halaman

Seperti halnya jumlah postingan, jumlah halaman pun tidak dibatasi dalam satu blog. Dalam hal ini, sobat mampu membuat kreasi yang kuantitatif hanya dalam satu blog saja.

Ukuran Tulisan

Teks pada postingan mampu dibuat sebesar mungkin dalam batas post editor. Dalam post editor Font Size, ukuran goresan pena yang paling besar ialah Largest. Sahabat mampu menggunakannya, namun tentu juga memperhatikan ukuran batas halaman blog. Semua berkaitan dengan tampilan blog bagi kenyamanan pengunjung. Ukuran dalam segi jumlah pun tidak dibatasi, mau berapa abjad pun blogger masih siap menampung. Tetapi sekali lagi, sisi SEO blog jangan dilupakan.

Ukuran Halaman

Pernah mengalami ketidaksesuaian jumlah postingan dalam halaman utama blog? Misal, sobat mengatur jumlah postingan ada 10 post dalam halaman utama, akan tetapi yang muncul pada halaman itu hanya 5 misalnya. Kenapa hal itu mampu terjadi? Itu dikarenakan terdapat batasan besar kapasitas halaman. Berapa batasnya? Yakni 1MB. Jika terjadi duduk perkara jumlah postingan yang tidak sesuai, salah satu solusinya ialah dengan membuat insert jum break pada tiap postingan biar jumlah MB-nya tidak besar, alias sudah terpotong melalui fitur itu. Selengkapnya mengenai fitur insert jump break, sobat mampu menyimaknya pada artikel Cara Membuat Insert Jump Break pada Postingan Blog.

Jumlah Komentar

Pada body post, sobat mampu mengatur jumlah komentar yang muncul dalam dalam postingan. Namun jikalau sobat lebih memilih untuk menyembunyikannya dalam bentuk arsip, maka semua komentar yang ada akan tetap tersimpan di dalam akun.

Kapasitas Gambar

Kapasitas gambar hingga 1GB dalam penyimpanan bersama dengan Picasa Web. Akan tetapi jikalau sobat sudah upgrade ke Google+, maka gambar-gambar milik sobat akan disimpan di Google photos dengan memiliki 15GB ruang penyimpanan bersama dengan Gmail dan Google Drive.

Ukuran Gambar

Ukuran gambar yang disisipkan pada postingan mampu dipilih pada post editor. Dari 'small' hingga 'extra larger' menyesuaikan lebar atau widht blog. Besar ukuran KB-nya tidak dibatasi. Namun khusus untuk blogger yang memposting menggunakan blogger mobile, menyerupai ponsel, maka gambarnya tidak boleh melebihi 250KB pergambar.

Jumlah Label

Jumlah label pada tiap postingan dibatasi hingga 20 label. Kemudian untuk keseluruhan label dalam blog dibatasi hingga 2000 blog. Jumlah yang pasti masih sangat mencukupi.

Blog Description

Blogger membatasi pemakaian area diskripsi ini hingga 500 karakter, tanpa HTML. Sebenarnya jumlah ini merupakan bab dari blogger untuk memaksimalkan SEO blog itu sendiri dalam mesin penelusuran. Jumlah yang berlebih pada diskripsi ini tidak semuanya tercakup ke dalam hasil penelusuran.

Teks 'About Me'

Informasi profil blogger, atau yang secara default template blogger biasanya tertulis About Me, membatasi penggunaan goresan pena hingga 1.200 karakter.

Import Blog

Tidak ada batasan berapa ukuran file yang boleh diimpor ke dalam blog. Akan tetapi jumlah berapa kali frekuensi import mungkin dibatasi dalam satu hari.

Delete Blog

Sahabat mau delete blog berapapun yang sobat miliki dalam satu akun, tidak ada masalah. Selengkapnya mengenai cara delete blog, silakan simak Cara Menghapus atau Delete Blog.

Demikian beberapa batasan dalam fitur blogger yang mampu saya sampaikan. Jika ada sobat yang mengetahui lebih detail, silakan untuk saling menawarkan informasinya. Namun jikalau ada kesalahan dalam postingan ini, silakan untuk ikut meralatnya. Trims